Profil Daerah Kepahiang - kepahiang Teknologi
Headlines News :
Home » » Profil Daerah Kepahiang

Profil Daerah Kepahiang

..

Kepahiang.com


     Kota Kepahiang adalah Kota yang Sejuk dan Dingin.Kota yang
Jauh dari Kata Polusi Udara,Penduduknya Ramah Tamah.
Kota Kepahiang sejak zaman penjajahan Belanda dikenal sebagai ibukota Kabupaten Rejang Lebong yang pada waktu itu disebut Updeling Rejang Lebong. Pada peralihan dan zaman pendudukan Jepang selama 3,5 Tahun, Kepahiang tetap merupakan Pusat Pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong.

       Setelah Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tahun 1948, Kepahiang tetap menjadi ibukota Rejang Lebong dan Menjadi ibukota perjuangan karena mulai dari Pemerintahan Sipil dan seluruh kekuatan perjuangan terdiri dari Laskar Rakyat, Badan Perlawanan Rakyat (BPRI) dan TKR sebagai cikal bakal TNI juga berpusat diKepahiang.

     Pada Tahun 1948 aksi Militer Belanda ke II, maka untuk mengantisipasi gerakan penyerbuan tentara Belanda ke Pusat Pemerintah dan Pusat Perlawanan ini maka Fasilitas yang ada seperti Kantor Bupati, Gedung Daerah, Kantor Pos dan Telekomunikasi dan Kantor Polisi semuanya dibumihanguskan.
Tahun 1949 Pemerintah Kabupaten Kepahiang berada dalam pengasingan berada di hutan dan disaat penyerahan kedaulatan dari Pemerintah Belanda ke Republik Indonesia yang dikenal istilah kembali ke Kota. Maka pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tidak dapat kembali ke Kota Kepahiang karena seluruh fasilitas sudah dibumihanguskan maka seluruh staf pemerintahan di alihkan ke Kota Curup yang masih ada bangunan pesanggrahan sampai tahun 1956 Curup ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten
       Rejang Lebong. Setelah keluarnya Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 terbukalah peluang bagi Kepahiang untuk menjadi Kabupaten kembali. Sejak Januari 2000 oleh para tokoh masyarakat dan komponen masyarakat Kepahiang baik yang ada di kepahiang, maupun yang berada diluar daerah Kepahiang seperti Curup, Bengkulu, Jakarta dan Bandung bersepakat untuk membentuk kembali Kabupaten Kepahiang. Sebagai realisasi dari kesepakatan bersama, maka dibentuklah Badan Perjuangan
dengan nama Panitia Persiapan Kabupaten Kepahiang (PPKK).

    Pada tanggal 26 Agustus 2002 oleh PPKK telah menyampaikan Proposal Pemekaran Calon Kabupaten Kepahiang sesuai dengan PP 129 Tahun 2000. Proposal tersebut ditujukan kepada Bupati Rejang Lebong, DPRD Rejang Lebong, Gubernur Bengkulu, DPRD Propinsi Bengkulu, Menteri Dalam Negeri dan Kepala Dirjen Otonomi Daerah di Jakarta. Dengan penyampaian Proposal ini maka, delegasi Kepahiang merupakan satu-satunya daerah yang menyampaikan usulan resmi dan tertulis untuk Pemekaran Wilayah di Propinsi Bengkulu. Namun, walaupun yang pertama kali mengajukan proposal Kepahiang merupakan Kabupaten Terakhir mendapat pengesahan di Jakarta.

     Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya pada tanggal 07 Januari 2004. Undang-undang No. 39 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Propinsi Bengkulu disahkan oleh Menteri Dalam Negeri pada saat itu Jend. TNI (Purn) Hari Sabarno di Jakarta. Ditunjuk Kepala daerah pertama kali sebagai caretaker adalah Ir. Hidayatullah Sjahid, MM. Yang ditetapkan pada Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.28-8 Tahun 2004. Hingga Saat ini Kepahiang telah dipimpin oleh 3 (tiga) orang Kepala Daerah :

1. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM (14 Januari 2004 s.d 29 April 2005) (Bupati Caretaker)
2. Drs. Husni Hasanuddin (30 April 2005 s.d 06 Agustus 2005) (Bupati Caretaker)
3. Drs. H. Bando Amin C. Kader, MM dan Abasri. Dj, S.Sos (06 Agustus 2005 s.d 06 Agustus 2010)   (Bupati dan Wakil Bupati Definitif berdasarkan Pilkada Tahun 2005)
4. Drs. H. Bando Amin C. Kader, MM dan Bambang Sugianto, SH, MH. (06 Agustus 2010 s.d Sekarang) (Bupati dan Wakil Bupati Definitif ke-2 Berdasarkan hasil Pilkada 2010)


Sumber : http://www.kepahiang.com
Share this article :

0 komentar:

My Like Box

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Rio Template | T M
Copyright © 2013. kepahiang Teknologi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Rhyo Template
Proudly powered by My Blog